Sekolah Menengah Kejuruan

Sekolah Kejuruan Sebagai Penghasil Tenaga Terampil

Ni Made Mira / X-B

Sekolah kejuruan—atau sekolah menengah kejuruan, adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah setara MA atau SMA/SMU sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. SMK sering disebut juga STM (Sekolah Teknik Menengah). Di SMK, terdapat banyak sekali Program Keahlian.

Sebagaimana namanya, sekolah kejuruan memberi fasilitas kejuruan, sesuai dengan minat dan bakat sang anak tersebut, sehingga anak tersebut bisa mengembangkan apa yang dimilikinya dan menjadi tenaga kerja yang produktif, kreatif, dan inovatif. Setiap kurikulum SMK dibuat sedemikian rupa demi menunjang bakat dan minat yang berbeda sehingga tidak semua pelajaran diberikan—hanya yang dikira seperlunya saja. Lulusan SMK biasanya lebih professional dan lebih menguasai pekerjaannya karena lebih berpengalaman dalam bidangnya.

Akan tetapi, pandangan masyarakat umum terhadap SMK biasanya sedikit merendahkan. Tidak sedikit orang-orang yang melarang anaknya masuk ke SMK karena alasan kuno; malu. Awam lebih merasa bahwa SMA masih sangat jauh lebih baik dari SMK dan mereka memasukkan anaknya ke SMK sebagai pilihan terakhir. Padahal sebenarnya SMK lebih baik karena menjuruskan dan menggembleng sang anak sehingga siap—sangat siap, untuk turun ke dunia kerja dan tidak akan kalah bersaing dengan pekerja lain.

  • 21 hours ago

No Response to "Sekolah Menengah Kejuruan"

Post a Comment

mince's lovers says